Lanjutan 1 “MENGINGAT KEMBALI...”

Bagi peneliti yang masih pemula atau bagi mahasiswa yang baru menyusun Tugas Akhir Kuliah (Skipsi, Tesis, maupun Disertasi) terkadang dibingungkan  dengan metode pengujian yang akan mereka gunakan. 
Hal tersebut sangatlah wajar dikarenakan bagi Mahasiswa Fakultas/Jurusan lain tidak menekankan mata kuliah pada bidang Statistik. Berikut tabel rujukan untuk metode pengujian Parametrik dan alternatifnya (Non-Parametrik).






Tabel di atas hanya berisi sebagian dasar dari penggunaan metode pengujian dalam sebuah penelitian. Kenapa hanya sebagian?  Karena masih banyak metode pengujian yang tidak mungkin dibahas satu-persatu.

Perkembangan metode pengujian yang ada dalam sebuah program atau aplikasi  statistik (analisis) mengikuti dari perkembangan kegunaan/fungsi metode yang dibutuhkan oleh para peneliti. Dari tahun ke tahun sebuah aplikasi akan di "update" dengan menambahkan metode pengujian baru (Rumus) sebagai bentuk penyempurnaan aplikasi/program tersebut. 

Program/aplikasi/software tidak hanya berbentuk offline saja akan tetapi ada juga yang menyediakan (hanya diakses) secara online saja. 

Aplikasi untuk menganalisis diantaranya:  SPSS, Eviews, Minitab, dan aplikasi serupa lainnya. Tiap aplikasi memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri karena penanaman rumus dari sebuah metode belum tentu ada pada aplikasi yang lain walaupun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama akan tetapi kelengkapan sebuah program tergantung dari "pembuat" aplikasi seberapa sering mereka meng"update" program tersebut. Contoh perbandingan antara Eviews dan SPSS:, pada Eviews memiliki keunggulan dalam menguji "Data Panel",  Uji "Jarque-Berra"  , "Breusch-Pagan-Godfrey", dan lain sebagainya yang pengujian-pengujian tersebut belum ada dalam program SPSS. 
Sebaliknya pun begitu, SPSS memiliki keunggulan menanamkan metode pengujian jauh lebih banyak (legkap) karena SPSS paling sering meng"update" (menambahkan) rumus-rumus baru.  SPSS memiliki keunggulan dalam uji Beda seperti: Anova, independent sampel t test, binary logistik, paired sample test baik untuk parametrik maupun non-parametrik akan dapat kita jumpai pada aplikasi/program SPSS.


Selamat Belajar.......
Kita lanjutkan pada pertemuan mendatang....  

0 comments: